MAKALAH TANAMAN UBI JALAR

adsense 336x280

MAKALAH TANAMAN UBI JALAR


MAKALAH TANAMAN UBI JALAR

Posted: 21 May 2020 10:53 AM PDT


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Akhir-akhir ini banyak sekali penyakit akibat dari pola makan yang salah, yang menjadikan makanan hanya sebagai penghilang rasa lapar dan pemberi kenikmatan sesaat, tanpa mempedulikan kandungan dan kehalalannya. Padahal makanan yang baik dan benar tidak saja membuat kita kuat dan sehat, tapi juga kebal terhadap serangan berbagai macam penyakit.
Seiring meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat, maka tuntutan konsumen terhadap bahan pangan selain mempunyai komposisi gizi yang baik serta penampakan dan citarasa yang menarik, tetapi juga harus memiliki fungsi fisiologis tertentu bagi tubuh.
Salah satu bahan makanan sehat yang cukup tersedia adalah ubi jalar. Ubi jalar adalah salah satu makanan pokok  dengan kadar karbohidrat yang tinggi. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang berbentuk umbi. Selain itu daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai olahan makanan.Ubi jalar juga merupakan salah satu jenis umbi – umbian yang dijadikan makanan pokok selain nasi. 
Ubi jalar ini biasanya berwarna ungu dan jika dimasak rasanya manis sekali. Kandungan gizi ubi jalar berupa vitamin C dan E yang baik untuk kecantikan kulit. Ubi jalar juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Antara lain untuk pengobatan penyakit asma, rabun ayam, peradangan, bronchitis, gangguan pencernaan, diabetes,radang lambung ,dan lain sebagainya.
Ubi jalar sering dipandang sebagai makanan kampungan.Namun walaupun makanan kampungan ubi talas dapat diolah dengan sebagai masakan yang lezat dan nikmat seperti  tepung ubi jalar,ceriping ubi jalar,kue ubi jalar,selai ubi jalar.
Ubi jalar dengan nama latin Ipomea batatas,memiliki banyak nama di Indonesia namanya Ubi jalar, ketela, ketela rambat, telo rambat (Jawa), patatas (Papua), mantang, Boled (Sunda), Inggris : Sweet potato, Melayu : Ubi keledek, Thailand : Phak man thet, Pilipina : Kamote, Jepang : Satsumaimo.
Di Indonesia, ubi jalar umumnya sebagai bahan pangan sampingan. Sedangkan di Irian Jaya, ubi jalar digunakan sebagai makanan pokok. Komoditas ini ditanam baik pada lahan sawah maupun lahan tegalan. Luas panen ubu jalar diindonesia sekitar 230.000 ha dengan produktivitas sekitar 10 ton/ha. Padahal dengan teknologi maju beberapa varietas unggul ubi jalar dapat menghasilkan lebih dari 30 ton umbi basah/ha.

1.2  TUJUAN
Dari latar belakang di atas,penulis membuat karya ilmiah ini dengan tujuan :
1. Memberitahu sejarah dan cara budidaya ubi jalar.
2. Memberitahu manfaat dan khasiat ubi talas.
3. Memberitahu makanan yang terbuat dari ubi jalar.

Untuk Lebih Lengkap
Silahkan Download Di Sini!!!
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan Download
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
3. Klik pojok kanan atas Skip.
4. Pilih tombol Allowpada pojok kiri atas
5. Kini anda bisa Download Gratis
adsense 336x280

0 Response to "MAKALAH TANAMAN UBI JALAR"

Posting Komentar