makalah pencemaran sampah

adsense 336x280

makalah pencemaran sampah


makalah pencemaran sampah

Posted: 21 Sep 2020 10:20 AM PDT


BAB  I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
 Sampah, masalah yang tidak pernah terselesaikan di kota-kota besar Indonesia. Untuk mengatasi masalah sampah, banyak program pemerintah yang dijadikan acuan setidaknya mengurangi sedikit sampah. Siapa yang menjadi penyebab timbulnya masalah sampah? Melainkan kita sendiri yang selalu menghasilkan sampah dari setiap aktivitas sehari-hari yang dilakukan. Kita lebih senang menyampah dari pada mengurangi sampah dan membersihkannya. Logikanya, masyarakat lebih banyak yang membuang sampah di mana saja daripada masyarakat yang membuang sampah sesuai tempatnya.
                Berdasarkan Undang-Undang No.18 Tahun 2008, sampah adalah  sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat. Sampah adalah zat, energi/makhluk hidup yang tidak mempunyai nilai, guna dan cenderung rusak. Salah satu faktor yang menyebabkan rusaknya lingkungan hidup yang sampai saat ini masih tetap menjadi "PR" besar bagi bangsa Indonesia adalah faktor pembuangan limbah sampah plastik. Sampah merupakan hasil sisa dari sebuah proses, baik yang sengaja dibuang atau terbuang dengan sendirinya.
            Negara Indonesia mempunyai masalah yang sangat besar mengenai sampah, terutama di daerah yang padat penduduk seperti di daerah khusus ibukota Jakarta, dalam 1 hari dapat menghasilkan milyaran sampah yang tertumpuk, bahkan dapat dibandingkan dengan besarnya Candi Borobudur.
Jika sampah dibuang secara sembarangan hingga tertumpuk tanpa ada pengelolaan yang baik, maka akan menimbulkan berbagai dampak kesehatan yang sangat serius, juga dapat menimbulkan terjadinya banjir, serta sampah plastik yang tertimbun di dalam tanah tidak dapat terurai sehingga tanah menjadi tandus.
Sifat racun sintetis yang tidak berbau dan berwarna, dan dampak kesehatannya yang berjangka panjang, membuatnya lepas dari perhatian kita. Kita lebih risau dengan gangguan yang langsung bisa dirasakan oleh panca indera kita.
Hal ini terlebih dalam kasus sampah, di mana gangguan bau yang menusuk dan pemandangan (keindahan/kebersihan) sangat menarik perhatian panca indera kita. Begitu dominannya gangguan bau dan pemandangan dari sampah inilah yang telah mengalihkan kita dari bahaya racun dari sampah, yang lebih mengancam kelangsungan hidup kita dan anak cucu kita.
Sebagai bagian dari masyarakat setidaknya kita melakukan sesuatu hal yang mampu menangani masalah sampah. Dari sekian masyarakat, lebih banyak yang acuh terhadap masalah sampah dibandingkan yang peduli dengan lingkungan akibat sampah. Kita sering menjumpai sampah di berbagai tempat, seperti di rumah, di sekolah, di rumah sakit, di kursi restoran, di hotel berbintang, di tempat penyebrangan, di bawah pos satpam, di ruang sidang, di bawah tiang bendera, bahkan di istana negara.
Seiring dengan kemajuan dan perkembangan IPTEK di bidang kesehatan mengakibatkan permasalahan di bidang kesehatan berkembang kompleks. Di samping itu meningkatkan pendidikan masyarakat secara keseluruhan dan kesadaran masyarakat tentang pelaksanaan kesehatan.
Jika dianalisa kemajuan dan perkembangan IPTEK di bidang kesehatan yang telah dicapai dewasa ini, seharusnya semakin memberi kepuasan untuk hidup sehat sehingga menghasilkan ketenangan yang lebih layak kepada individu dalam hidupnya. Akan tetapi, kenyataan tidaklah demikian, individu dan keluarga masih diliputi oleh berbagai macam permasalahan-permasalahan akibat kurangnya pengetahuan tentang kebersihan lingkungan serta hidup yang sehat dan kebiasaan yang menunjang syarat kesehatan, salah satunya adalah radang akut saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh infeksi jasad renik atau bakteri, dan virus.
Walaupun terbukti sampah itu dapat merugikan bila tidak dikelola dengan baik tetapi ada sisi manfaatnya. Hal ini karena selain dapat mendatangkan bencana bagi masyarakat, sampah juga dapat diubah menjadi barang yang bermanfaat. Kemanfaatan sampah ini tidak lepas dari penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menanganinya dan juga kesadaran dari masyarakat untuk mengelolanya.





1.2  Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dibuatnya karya tulis ini  adalah untuk :
1.      Mengetahui dampak-dampak yang ditimbulkan oleh sampah.
2.      Mengetahui cara penanggulangannya.
3.      Mengetahui bahaya racun-racun dari sampah.
4.      Mengetahui manfaat sampah.

1.3     Rumusan Masalah

a.       Apa yang dimaksud dengan sampah?
b.      Apa saja jenis-jenis sampah?
c.       Bagaimana bahaya sampah plastik bagi kesehatan dan    lingkungan?
d.      Bagaimana cara menanggulangi sampah?
e.       Apa saja manfaat dari sampah?

Untuk Lebih Lengkap
Silahkan Download Di Sini!!!
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan Download
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
3. Klik pojok kanan atas Skip.
4. Pilih tombol Allowpada pojok kiri atas
5. Kini anda bisa Download Gratis
adsense 336x280

0 Response to "makalah pencemaran sampah"

Posting Komentar