MAKALAH PLANTAE

adsense 336x280

MAKALAH PLANTAE


MAKALAH PLANTAE

Posted: 03 Oct 2020 10:24 AM PDT


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Tumbuhan (plantae) merupakan makhluk hidup yang telah memiliki akar, batang, dan daun sejati. Tumbuhan ini bersifat eukariot, multiseluler, mengandung klorofil, dapat melakukan fotosintesis, memiliki alat reproduksi multiseluler, dapat bereproduksi secara seksual dan aseksual, ada pergantian generasi, serta dinding selnya tersusun dari selulosa. Biasanya hidup di daratan (tanah) dan berfungsi sebagai sumber utama oksigen bagi atmosfer bumi. (Sulistyorini, Ari. 2009)
Pada klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom, makhluk hidup yang termasuk dalam kingdom Plantae adalah tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan biji. Berdasarkan perbedaan dan persamaan morfologisnya, tumbuhan terbagi menjadi dua kelompok besar, yaitu kelompok tumbuhan tidak berpembuluh dan kelompok tumbuhan yang berpembuluh. Pembuluh ini berfungsi untuk mengalirkan sari-sari makanan ke seluruh tubuh. (Sulistyorini, Ari. 2009)
Cara reproduksi tumbuhan juga berbeda-beda, ada yang secara vegetatif maupun secara generatif. Dilihat dari kelengkapan organ yang dimiliki, tumbuhan berbiji (Spermatophyta) merupakan golongan tumbuhan paling tinggi tingkatannya. Pada tumbuhan ini akar, batang, dan daun telah nyata ada, serta menghasilkan biji sebagai alat perkembangbiakan. Tumbuhan dengan akar, batang dan daun sejati disebut tumbuhan berkormus (kormophyta). Atas dasar ciri-ciri itulah maka tumbuhan berbiji disebut (kormophyta berbiji). Selain spermatophyta, tumbuhan paku (Pteridophyta) juga telah menunjukkan ciri-ciri mempunyai akar, batang, dan daun sejati, terutama golongan paku pohon. Jadi, tumbuhan paku dapat dimasukkan ke dalam kelompok kormophyta. (Subardi, 2009)
Tumbuhan dapat kita jumpai hampir di seluruh penjuru bumi; di hutan, pegunungan, dan dataran rendah. Hampir semua tumbuhan yang menjadi anggota kingdom Plantae hidup di daratan walaupun beberapa tumbuhan hidup di air, misalnya teratai. Kingdom plantae meliputi semua tumbuhan bersel banyak, mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Sel-selnya bersifat eukariotik, dinding selnya mengandung selulosa, memilikiklorofil, dan hidup secara autotrof. Keanekaragamannya sangat tinggi sehingga tidak mudah untuk mengklasifikasikannya. Para ahli membagi dunia tumbuhan menjadi dua kelompok, yaitu tumbuhan tak berpembuluh (nonvaskuler) dan tumbuhan berpembuluh(vaskuler). (Riana Yani, 2009)
Apakah Anda sering mengonsumsi sayuran dan buah-buahan? Selain banyak macamnya, sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan protein nabati dan buah-buahan yang tidak terdapat pada daging. Tumbuhan dapat dimanfaatkan untuk beberapa kepentingan, misalnya bahan pangan dan obat-obatan. Obat-obatan yang berasal dari tumbuhan banyak digunakan sebagai obat alternatif penyembuh penyakit. Berdasarkan klasifikasi makhluk hidup, tumbuhan dikelompokkan dalam kerajaan tersendiri, yaitu kingdom Plantae. (Fictor Ferdinand, 2009)
B.  Rumusan Masalah
1.   Apa itu kingdom plantae?
2.   Bagaimana Ciri dan Struktur Regnum Plantae?
3.   Apa saja klasifikasi dan daur hidup Tumbuhan Lumut (Bryophyta)?
4.   Apa saja klasifikasi dan daur hidup Tumbuhan paku  (Pterydophyta?
5.   Apa saja klasifikasi dan daur hidup Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)?
6.   Apa peranan kingdom plantae bagi kehidupan manusia?

C. Tujuan Penulisan
1.   Untuk mengetahui apa yang di maksud dengan kingdom plantae.
2.   Untuk Mengetahui Ciri dan Struktur Regnum Plantae.
3.   Untuk Mengetahui klasifikasi dan daur hidup Tumbuhan lumut (Bryophyta).
4.   Untuk mengetahui klasifikasi dan daur hidup tumbuhan paku (Pterydhophyta).
5.   Untuk mengetahu klafikasi dan daur hidup tumbuhan berbiji (Spermathophyta).
6.   Untuk mengetahui peranan kingdom plantae bagi kehidupan manusia.

Untuk Lebih Lengkap
Silahkan Download Di Sini!!!
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan Download
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
3. Klik pojok kanan atas Skip.
4. Pilih tombol Allowpada pojok kiri atas
5. Kini anda bisa Download Gratis
adsense 336x280

0 Response to "MAKALAH PLANTAE"

Posting Komentar