MAKALAH POLA TANAM

adsense 336x280

MAKALAH POLA TANAM


MAKALAH POLA TANAM

Posted: 03 Mar 2020 09:30 AM PST


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pola tanam adalah menempatkan bahan tanam berupa benih atau bibit pada media tanam baik media tanah maupun media bukan tanah dalam suatu bentuk pola tanam. Sedangkan pengertian dari pola tanam menurut Novitan (2002) adalah usaha yang dilakukan dengan melaksanakan penanaman pada sebidang lahan dengan mengatur susunan tata letak dari tanaman dan tata urutan tanaman selama periode waktu tertentu, termasuk masa pengolahan tanah dan masa tidak ditanami selama periode tertentu. Di Indonesia sering kali petani menggunakan pola tanam monokultur dibandingkan pola tanam polikultur. Pola tanam monokultur yaitu penanaman satu jenis tanaman pada lahan dan waktu penanaman yang sama.
Monokultur menjadikan penggunaan lahan efisien karena memungkinkan perawatan dan pemanenan secara cepat dengan bantuan mesin pertanian dan menekan biaya tenaga kerja karena wajah lahan menjadi seragam. Pola tanam polikultur yaitu penanaman lebih dari satu jenis tanaman pada lahan dan waktu yang sama.Pola tanam sangat tergantung pada iklim, topografi, ketersediaan air, jenis tanah dan kondisi ekonomi petani. Selain itu penggunaan mulsa juga sering digunakan untuk menyesuaikan kondisi lingkungan dan kondisi tanamannya. Antara tanam dan pola tanaman hubungannya sangat erat karena tanaman yang akan ditanam dan pola tanam yang akan digunakan harus mempunyai kesesuaian. Sehingga nantinya akan didapatkan hasil produksi yang maksimal baik secara kualitas maupun kuantitas. Jika kita menanam suatu tanaman sedangkan kurang memperhatikan factor pola tanam yang digunakan maka akan mempengaruhi hasil produksi. Karena dengan pola tanam yang salah maka dalam penyerapan hara dan perkembangan OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) serta penerimaan sinar matahari yang tidak sesuai akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang ditanam. Maka dari itu
dalam praktikum Dasar Budidaya Tanaman ini dibahas pola tanam monokultur dan polikultur dengan beberapa jenis macam tanaman sehingga kita paham jenis tanaman apa yang sesuai dengan pola tanam yang dipakai.
1.2  Rumusan Masalah
1.     apa yang dimaksut dengan pola pertanaman ?
2.     Bagaimana pola pertanaman dengan Kondisi Lahan ?

Untuk Lebih Lengkap
Silahkan Download Di Sini!!!
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan Download
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
3. Klik pojok kanan atas Skip.
4. Pilih tombol Allowpada pojok kiri atas
5. Kini anda bisa Download Gratis

MAKALAH POLA BILIANGAN MATEMATIKA

Posted: 02 Mar 2020 09:27 AM PST


BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pola bilangan matematika adalah susunan dari beberapa angka yang dapat membentuk pola tertentu. Kalian tentu telah mempelajari beragam jenis himpunan bilangan. Nah, dari himpunan-himpunan bilangan tersebut kalian bisa membuat susunan bilangan. Coba kalian perhatikan gambar kalender yang ada di bawah ini. Kalender tersebut berisi tanggal-tanggal yang tersusun dari himpunan bilangan aseli yang dimulai dari 1 sampai dengan 31.



Dari tanggal yang terdapat pada kalender di atas, kalian bisa membentuk beragam susunan bilangan. misalkan kita ambil contoh susunan tanggal yang terdapat pada minggu pertama. Tanggal-tanggal yang ada pada minggu pertama adalah 1, 2, 3, 4, 5. Tanggal-tanggal itu membentuk suatu himpunan bilangan aseli yang nilainya kurang dari 6.


Untuk Lebih Lengkap
Silahkan Download Di Sini!!!
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan Download
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
3. Klik pojok kanan atas Skip.
4. Pilih tombol Allowpada pojok kiri atas
5. Kini anda bisa Download Gratis




adsense 336x280

0 Response to "MAKALAH POLA TANAM"

Posting Komentar