MAKALAH PROBLEMATIKA KORUPSI DAN SOLUSINYA

adsense 336x280

MAKALAH PROBLEMATIKA KORUPSI DAN SOLUSINYA


MAKALAH PROBLEMATIKA KORUPSI DAN SOLUSINYA

Posted: 17 Mar 2020 10:14 AM PDT



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Indonesia, sebagai salah satu negara yang telah merasakan dampak dari tindakan korupsi, terus berupaya secara konkrit, dimulai dari pembenahan aspek hukum, yang sampai saat ini telah memiliki banyak sekali rambu-rambu berupa peraturan – peraturan, antara lain Tap MPR XI tahun 1980, kemudian tidak kurang dari 10 UU anti korupsi, diantaranya UU No. 20 tahun 2001 tentang perubahan UU No. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Kemudian yang paling monumental dan strategis, Indonesia memiliki UU No. 30 Tahun 2002, yang menjadi dasar hukum pendirian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dengan demikian pemberantasan dan pencegahan korupsi telah menjadi gerakan nasional. Seharusnya dengan sederet peraturan, dan partisipasi masyarakat tersebut akan semakin menjauhkan sikap, dan pikiran kita dari tindak korupsi.
Masyarakat Indonesia bahkan dunia terus menyoroti upaya Indonesia dalam mencegah dan memberantas korupsi. Masyarakat dan bangsa Indonesia harus mengakui, bahwa hal tersebut merupakan sebuah prestasi, dan juga harus jujur mengatakan, bahwa prestasi tersebut, tidak terlepas dari kiprah KPK sebagai lokomotif pemberantasan dan pencegahan korupsi di Indonesia. Berbagai upaya pemberantasan korupsi, pada umumnya masyarakat masih dinilai belum menggambarkan upaya sunguh-sunguh dari pemerintah dalam pemberantasan korupsi di Indonesia. Berbagai sorotan kritis dari publik menjadi ukuran bahwa masih belum lancarnya laju pemberantasan korupsi di Indonesia. Masyarakat menduga masih ada praktek tebang pilih dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.
Sorotan masyarakat yang demikian tajam tersebut harus difahami sebagai bentuk kepedulian dan sebagai motivator untuk terus berjuang mengerahkan segala daya dan strategi agar maksud dan tujuan pemberantasan korupsi dapat lebih cepat, dan selamat tercapai. Selain itu, diperlukan dukungan yang besar dari segenap kalangan akademis untuk membangun budaya anti korupsi sebagai komponen masyarakat berpendidikan tinggi.
Sesungguhnya korupsi dapat dipandang sebagai fenomena politik, fenomena sosial, fenomena budaya, fenomena ekonomi, dan sebagai fenomena pembangunan. Karena itu pula upaya penanganan korupsi harus dilakukan secara komprehensif melalui startegi atau pendekatan negara/politik, pendekatan pembangunan, ekonomi, sosial dan budaya. Berdasarkan pengertian, korupsi di Indonesia difahami sebagai perilaku pejabat dan atau organisasi (negara) yang melakukan pelanggaran, dan penyimpangan terhadap norma-norma atau peraturan-peraturan yang ada. Korupsi difahami sebagai kejahatan negara (state corruption). Korupsi terjadi karena monopoli kekuasaan, ditambah kewenangan bertindak, ditambah adanya kesempatan, dikurangi pertangungjawaban. Jika demikian, menjadi wajar bila korupsi sangat sulit untuk diberantas apalagi dicegah, karena korupsi merupakan salah satu karakter atau sifat negara, sehingga negara=Kekuasaan=Korupsi. Maka dari itu, mari kita berusaha untuk menghilangkan korupsi di Indonesia ini.

B. Perumusan Masalah
•         Pengertian korupsi.
•         Faktor  pedorong terjadinya korupsi di Indonesia.
•         Dampak akibat korupsi.
•         Solusi Pemecahannya


C. Tujuan
Tujuan dari pembuatan malakah ini adalah untuk mensosialisasikan apa itu korupsi, dan bagaimana korupsi itu terjadi di Indonesia, serta bagaimana upaya dalam pemberantasan masalah terbesar negara ini . Diharapkan dari pembuatan makalah ini kita lebih mengerti bagaimana cara untuk bisa memerangi korupsi di negeri ini . Kita pun dapat sedikit berpartisipasi memberantasi korupsi setelah kita mengerti dengan jelas korupsi di Indonesia .

D. Manfaat
•         Mengetahui apa itu korupsi dan dampaknya.
•         Memotivasi masyarakat untuk tidak melakukan korupsi.
•         Dapat mengurangi atau memberantas korupsi.

Untuk Lebih Lengkap
Silahkan Download Di Sini!!!
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan Download
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
3. Klik pojok kanan atas Skip.
4. Pilih tombol Allowpada pojok kiri atas
5. Kini anda bisa Download Gratis

makalah problem perekonomian dalam memenuhi kebutuhan

Posted: 17 Mar 2020 10:12 AM PDT


BAB I
PENDAHULUAN
A.          Latar Belakang
Manusia dalam mempertahankan hidupnya tidak terlepas dari masalah-masalah upaya untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Kebutuhan manusia yang tidak terbatas, selalu tumbuh dan berkembang dalam ragam dan bentuknya selaras dengan perkembangan budaya manusia itu sendiri. Padahal pertumbuhan dan perkembangan jumlah alat pemuas kebutuhan, baik yang berbentuk barang maupun jasa kurang sebanding atau selalu dalam kekurangan, lebih-lebih alat pemuas kebutuhan yang hanya tersedia dari alam secara langsung. Untuk mengimbangi pertumbuhan dan perkembangan kebutuhan harus dilakukan rekayasa produksi yang menggunakan teknologi untuk mempercepat penyediaan barang dan jasa dalam jumlah banyak dan beragam.

B.           Rumusan Masalah
1. Apa pengertian sistem perekonomian?
2. Mengapa Kebutuhan Manusia yang Tidak Terbatas?
3. Tuliskan  Macam – Macam Kebutuhan?

C.          Tujuan
1. Untuk mengetahui sistem perekonomian
2. Untuk mengetahui Kebutuhan Manusia yang Tidak Terbatas
3. Untuk mengetahui  Macam – Macam Kebutuhan

Untuk Lebih Lengkap
Silahkan Download Di Sini!!!
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan Download
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
3. Klik pojok kanan atas Skip.
4. Pilih tombol Allowpada pojok kiri atas
5. Kini anda bisa Download Gratis
adsense 336x280

0 Response to "MAKALAH PROBLEMATIKA KORUPSI DAN SOLUSINYA"

Posting Komentar