makalah pupuk cair organik daun jati

adsense 336x280

makalah pupuk cair organik daun jati


makalah pupuk cair organik daun jati

Posted: 30 Mar 2020 10:48 AM PDT

BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Pertanian adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan bercocok tanam atau kegiatan olah – mengolah lahan untuk menanam komoditas tertentu untuk kebutuhan pangan. Dalam kegiatan pertanian sangat dibutuhkan keseimbangan dari beberapa faktor yang menopang pertanian tersebut. Indonesia sebagai negara yang memiliki tanah yang sangat subur sangatlah berpotensi untuk dijadikan sebagai negara yang maju dengan pertaniannya. Namun, belakangan kondisi yang ada di sekitar kita malah menunjukkan hal yang berbanding terbalik.
Di dalam berbudi daya tanaman kita pasti tak lepas dari peranan pupuk sebagai komponen yang paling penting untuk menjaga dan memperbaiki kesuburan tanah. Terdapat dua macam pupuk pada umumnya, yaitu pupuk kimia seperti pupuk NPC dsb nya dan pupuk organik yg berasal dari bahan organic. Pupuk merupakan faktor  produksi yang sangat penting bagi sektor pertanian. Pupuk menyumbang 20 persen terhadap keberhasilan peningkatan produksi pertanian, khususnya beras antara tahun 1965-1980 dan keberhasilan Indonesia mencapai swasembada beras di tahun 1984. Pupuk pun berkontribusi 15-30 persen untuk biaya usaha tani padi. Dengan demikian sangat penting untuk menjamin kestabilan harga dan kelancaran distribusi pupuk. ( Ibnu Purna, 2009 )pupuk organik cair terdiri dari dua jenis, yaitu : pupuk cair  yang didapat dari melarutkan pupuk organik padat. Artinya pupuk organik yang awalnya padat kemudian dilarutkan dengan air sehingga menjadi cair. sementara jenis yang kedua adalah pupuk organik cair yang memang dibuat cair  dari awal pembuatanya.
Apa perbedaannya?, bedanya adalah dari bahan dan pemakaianya. Pupuk organik cair yang dimaksudkan disini adalah pupuk organik cair yang memang sengaja dibuat cair dari awal, pemakaianya bukan di timbun/disiramkan di dekat perakaran, melainkan disemprotkan ke daun dengan dosis terukur.

Untuk Lebih Lengkap
Silahkan Download Di Sini!!!
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan Download
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
3. Klik pojok kanan atas Skip.

4. Pilih tombol Allowpada pojok kiri atas
5. Kini anda bisa Download Gratis
adsense 336x280

0 Response to "makalah pupuk cair organik daun jati"

Posting Komentar