MAKALAH TUMBUHAN MONOKOTIL

adsense 336x280

MAKALAH TUMBUHAN MONOKOTIL


MAKALAH TUMBUHAN MONOKOTIL

Posted: 10 Jun 2020 10:09 PM PDT


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 latar belakang
Kata "orchid" dalam bahasa Yunani, berasal dari orchis yang berarti testicle atau buahzakar yang termasuk dalam keluarga Orchidaceae adalah anggrek. Anggrek merupakan keluarga besar dari kelompok (subdivisi) tanaman berbunga atau berbiji tertutup (angiospermae), kelas tanaman berbiji tunggal (monocotyledone), ordo Orchidales, dan family Orchidaceae (anggrek – anggrekan. Di habitatnya, anggrek biasa ditemui tumbuh di hutan-hutan gelap, di lereng-lereng terbuka, di batu- batu karang terjal, dibatu-batu daerah pantai dengan garis pasang surut tinggi, hingga di tepi gurun pasir. Banyaknya tempat tumbuh anggrek membuat para ahli mencoba merumuskan jenis anggrek sesuai dengan habitanya.  Anggrek merupakan herba menahun yang sebagian besar hidup sebagai epifit dan kebanyakan dengan akar rimpang atau batang yang membesar (Undang, 1994).
Indonesia merupakan salah satu negara tropis di Asia Tenggara kaya akan anggrek alam. Di hutan Indonesia terdapat sekitar 5.000 jenis anggrek alam atau sekitar 16 % dari jenis anggrek alam yang ada di dunia. Jumlah jenis anggrek akan terus bertambah dengan penemuan-penemuan baru di hutan-hutan maupun hasil persilangan. Anggrek merupakan salah satu suku yang cukup banyak jenisnya. Sebagian besar keragamannya terpusat di kawasan tropis dan subtropis. Anggota suku ini secara alami tumbuh mulai dari hutan dataran rendah hingga hutan dataran tinggi dan pada berbagai jenis hutan seperti hutan primer dan hutan sekunder. Tumbuhan ini sangat beragam ditinjau dari habitat, ukuran serta morfologinya.
 Karakter morfologi tanaman anggrek yang diamati meliputi tinggi tanaman (cm), panjang daun (cm), lebar daun (cm), perbandingan panjang dengan lebar daun, jumlah kuntum bunga, panjang tangkai bunga (cm), diameter bunga (cm), panjang kelopak bunga (sepala) (cm), warna daun, tipe pertumbuhan batang dan aroma bunga. Data yang bersifat deskriptif seperti tingkat kehijauan warna daun, aroma bunga dan tipe pertumbuhan batang (pseudobulb) dinilai dapat memberikan suatu hal yang menggambarkan perbedaan. Hubungan kekerabatan keenam belas anggrek spesies dianalisis dengan menggunakan Analisis Cluster metode Agglomerative(Adria, 2010).
1.2  Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui morfologi daun, batang, akar, bunga buah, dan biji dari keluarga Orchidaceae.

Untuk Lebih Lengkap
Silahkan Download Di Sini!!!
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan Download
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
3. Klik pojok kanan atas Skip.
4. Pilih tombol Allowpada pojok kiri atas
5. Kini anda bisa Download Gratis

MAKALAH TUMBUHAN JAMUR

Posted: 10 Jun 2020 10:07 AM PDT


BAB I

PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Dalam pembelajaran biologi berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami tentang alam sekitar secara sistematis, sehingga ilmu biologi bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta konsep, penemuan pendidikan biologi diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari dirinya sendiri dan alam sekitar beserta isinya yang terdiri dari dua macam yaitu makhluk hidup (biotik) dan makhluk tidak hidup (abiotik).
Ruang lingkup yang dipelajari dalam biologi sangat luas, agar mudah mepelajarinya biologi dibagi menjadi berbagai cabang ilmu berdasarkan bidang yang dipelajari seperti mikologi, dimana mikologi yaitu ilmu yang  mempelajari tentang jamur serta peranannya bagi kehidupan manusia. Kata jamur atau fungi mungkin akan selalu kita maknai sebagai cendawan, yaitu organisme yang pendek, seperti serbuk atau spons, tubuhnya berwarna-warni, dan tumbuh di atas tanah seperti tumbuhan. Meskipun cendawan adalah organisme yang umum kita sebut sebagai jamur (jamur yang sebenarnya), dan sebagian besar jamur tersebut terlihat hidup di atas tanah, tetapi kata fungi memiliki makna yang lebih luas.
B.       Rumusan Masalah 
         Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka penulis dapat merumuskan suatu permasalahan dalam makalah ini antara lain sebagai berikut :
Pengertian mikologi secara umum ?
Bagaimana cir-ciri dari jamur/fungi ?
Bagaimana struktur tubuh jamur/fungi ?
Bagaimana cara hidup dan habitat fungi?
Reproduksi jamur/fungi ?
Klasifikasi fungi dan peranannya ?

C.    Tujuan  
Berdasarkan rumusan masalah di atas maka penulis dapat memahami tujuan dari penyusunan makalah ini adalah :
1. Untuk mengetahui mengetahui pengertian mikologi sebagai ilmu
2. Untuk mengetahui ciri-ciri jamur
3. Untuk mengetahui struktur tubuh jamur/fungi
4. Untuk mengetahui cara hidup dan habitat fungi
5. Reproduksi jamur/fungi
6. Klasifikasi fungi dan perananya dalam kehidupan manusia.

Untuk Lebih Lengkap
Silahkan Download Di Sini!!!
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan Download
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
3. Klik pojok kanan atas Skip.
4. Pilih tombol Allowpada pojok kiri atas
5. Kini anda bisa Download Gratis
adsense 336x280

0 Response to "MAKALAH TUMBUHAN MONOKOTIL"

Posting Komentar