18 Jenis Jenis Tanah di Indonesia

adsense 336x280

18 Jenis Jenis Tanah di Indonesia


18 Jenis Jenis Tanah di Indonesia

Posted: 19 Nov 2020 09:00 AM PST


18 Jenis Jenis Tanah di Indonesia : Manfaat, Persebaran, Gambarnya
t
Tanah (soil) merupakan lapisan teratas dari bumi. Tanah sangat penting bagi manusia karena kehidupan manusia berada di atasnya. Tanah terbentuk dari bebatuan yang mengalami pelapukan. Proses pelapukan ini terjadi dalam waktu yang lama bahkan hingga ratusan tahun. Pelapukan batuan menjadi tanah juga dibantu dengan beberapa mikroorganisme, perubahan suhu dan air. Jenis tanah dari satu daerah dengan daerah lainnya berbeda tergantung dari komponen yang ada di dalam daerah tersebut. Komponen yang ada di dalam tanah yang baik untuk tanaman adalah tanah yang mengandung mineral 50%, bahan organik 5% dan air 25%. Pengaruh letak astronomis dan geografis di Indonesia sangat penting dalam membentuk berbagai macam tanah.
Jenis-jenis tanah yang ada di dunia berbeda dari satu daerah ke daerah lainnya tergantung pada lingkungan yang ada di dalam daerah tersebut (Baca : fungsi lingkungan hidup bagi manusia).
1. Tanah Aluvial
 Tanah aluvial merupakan jenis tanah yang terjadi karena endapan lumpur biasanya yang terbawa karena aliran sungai. Tanah ini biasanya ditemukan dibagian hilir karena dibawa dari hulu. Tanah ini biasanya bewarna coklat hingga kelabu.
Karakteristik
Tanah ini sangat cocok untuk pertanian baik pertanian padi maupun palawija seperti jagung, tembakau dan jenis tanaman lainnya karena teksturnya yang lembut dan mudah digarap sehingga tidak perlu membutuhkan kerja yang keras untuk mencangkulnya.
Persebaran
Tanah ini banyak tersebar di Indonesia dari sumatera, Kalimantan, Sulawesi, papua dan jawa.
2. Tanah Andosol

Tanah andosol merupakan salah satu jenis tanah vulkanik dimana terbentuk karena adanya proses vulkanisme pada gunung berapi. Tanah ini sangat subur dan baik untuk tanaman.
Karakteristik
Warna dari tanah andosol coklat keabu-an. Tanah ini sangat kaya dengan mineral, unsure hara, air dan mineral sehingga sangat baik untuk tanaman. Tanah ini sangat cocok untuk segala jenis tanaman yang ada di dunia. persebaran tanah andosol biasanya terdapat di daerah yang dekat dengan gunung berapi.
Persebaran
Di Indonesia sendiri yang merupakan daerah cincin api banyak terdapat tanah andosol seperti di daerah jawa, bali, sumatera dan nusa tenggara.

Untuk Lebih Lengkap
Silahkan Download Di Sini!!!
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan Download
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
3. Klik pojok kanan atas Skip.
4. Pilih tombol Allowpada pojok kiri atas
5. Kini anda bisa Download Gratis

15 makanan khas dunia

Posted: 18 Nov 2020 09:58 AM PST


Barbecue ribs (Amerika Serikat)

Bisa berupa daging babi ataupun sapi, mau yang diasap hingga dimasak perlahan, iga bakar bersama bir dingin adalah menu wajib yang harus dicoba saat anda berada di Amerika Serikat.
Paella (Spanyol)

Nasi yang dimasak dengan minyak zaitun dengan digabungkan bersama seafood, daging kelinci, ayam maupun kerang
Chiles en nogada (Meksiko)

Makanan yang melambangkan warna dari bendera Meksiko ini terdiri dari cabai poblano yang diisi dengan daging abon, buah-buahan dan rempah, dengan disiram saus walnut dan biji delima.
Bulgogi (Korea Selatan)

 Diasinkan dengan menggunakan kecap asin, gula dan minyak wijen, daging bulgogi dibuat dengan menggunakan teknik kuliner khas Korea Selatan.

Untuk Lebih Lengkap
Silahkan Download Di Sini!!!
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan Download
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
3. Klik pojok kanan atas Skip.
4. Pilih tombol Allowpada pojok kiri atas
5. Kini anda bisa Download Gratis
adsense 336x280

0 Response to "18 Jenis Jenis Tanah di Indonesia"

Posting Komentar