MAKLAH PRINSIP DEMOKRASI DALAM PELAKSANAAN PEMILU DI INDONESIA LENGKAP

adsense 336x280

MAKLAH PRINSIP DEMOKRASI DALAM PELAKSANAAN PEMILU DI INDONESIA LENGKAP


MAKLAH PRINSIP DEMOKRASI DALAM PELAKSANAAN PEMILU DI INDONESIA LENGKAP

Posted: 04 Nov 2020 09:03 AM PST


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Negara Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang berusaha membangun system politik demokrasi sejak menyatakan kemerdekaaan dan kedaulatannya pada tahun 1945. Namun, banyak kalangan berpendapat bahwa sesungguhnya negara Indonesia hingga sekarang ini masih dalam tahap "demokratisasi". Artinya, demokrasi yang kini dibangun belum benar-benar berdiri dengan mantap. Masih banyak yang harus dibangun dalam hal demokrasi, bukan saja berkaitan dengan system politik kenegaraan, tetapi dalam arti yang lebih luas adalah mencakup bidang budaya, hukum, dan perangkat-perangkat lain yang penting bagi tumbuhnya demokrasi dan masyarakat madani.
Sebagai sebuah gagasan negara demokrasi yang memenuhi persyaratan-persyaratan ideal-universal, negara Indonesia telah mencoba untuk menerapkannya. Sejak awal kemerdekaan negara Indonesia, berbagai hal berkenaan dengan hubungan negara dan masyarakat telah diatur di dalam UUD 1945. Para founding fathers (pendiri negara) berkeinginan kuat agar system politik Indonesia mampu mewujudkan pemerintahan yang melindungi segenap tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, dan ikut dalam perdamaian dunia. Hal-hal inilah yang melandasi gagasan-gagasan besar bangsa dan rakyat Indonesia yang ingin diwujudkan melalui "cita moral" dan "cita hukum" sebagaimana termakhtub dalam Pembukaan UUD 1945.
Langkah awal demokratisasi di Indonesia dilakukan melalui penebitan Maklumat Wakil Presiden No. X, tanggal 3 November 1945 tentang anjuran untuk membentuk partai politik. Kemudian langkah berikut adalah segera dilaksanakan pemilu untuk memilih anggota DPR yang diselenggarakan pada tahun 1946. Namun, beum siapnya perangkat perundang-undangan yang mengatur pemilu dan instabilitas akibat pemberontakan dan silih bergantinya cabinet mengakibatnya pemilu sampai dengan tahun 1950 belum dapat terselenggara. Dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 7 tahun 1953, pelaksanaan pemilu pertama kali di Indonesia yang ditunggu-tunggu dapat terselenggara pada tahun 1955 yang diikuti oleh lebih dari 30 (tiga puluh) peserta dari perorangan (independen) dan partai politik.
Pada era berikutnya, pelaksanaan pemilu sebagai sarana demokrasi baik pada masa orde baru maupun era reformasi terselenggara dengan baik. Pilihan ideology dan system politik demokrasi Pancasila sebagai dasar dan falsafah  negara Indonesia merupakan hasil kristalisasi nilai-nilai luhur budaya bangsa yang akan menjadi pedoman dalam kehidpan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Meskipun praktik-praktik demokrasi Pancasila pada masa lalu menunjukkan pengalaman yang kurang baik, bukan berarti nilai-nilai Pancasila tidak memiliki hubungan dengan system politik demokrasi yang berkembang hingga saat ini.
Sejak awal kemerdekaan para pendiri negara dan bangsa Indonesia telah sepakat merumuskan Pancasila sebagai dasar negara sehingga sila-sila Pancasila yang tercantum di dalamnya merupakan nilai-nilai dasar yang melandasi penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis. Singkatnya pelaksanaan demokrasi di Indonesia dalam perjalanannya mengalami pasang surut. Hal itu ditandai dengan perubahan bentuk demokrasi yang pernah dilaksanakan di Indoneisa.

1.2.Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, dapat kita ambil rumusan masalah adalah sebagai berikut:
1.2.1.                  Apa pengertian demokrasi ?
1.2.2.                  Bagaimana demokrasi di Indonesia serta pelaksanaannya?
1.2.3.                  Apa pengertian pemilu?
1.2.4.                  Apakah tujuan dari pemilu?
1.2.5.                  Bagaimana pelaksanaan pemilu di Indonesia?

1.3.Tujuan Masalah
Tujuan masalah dari latar belakang di atas adalah:
1.3.1.                  Untuk mengetahui pengertian demokrasi
1.3.2.                  Untuk mengetahui pelaksanaan demokrasi di Indonesia
1.3.3.                  Untuk mengetahui pengertian dari pemilu
1.3.4.                  Untuk mengetahui tujuan dari pemilu
1.3.5.                  Untuk mengetahui pelaksanaan pemilu di Indonesia

Untuk Lebih Lengkap
Silahkan Download Di Sini!!!
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan Download
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
3. Klik pojok kanan atas Skip.
4. Pilih tombol Allowpada pojok kiri atas
5. Kini anda bisa Download Gratis
adsense 336x280

0 Response to "MAKLAH PRINSIP DEMOKRASI DALAM PELAKSANAAN PEMILU DI INDONESIA LENGKAP"

Posting Komentar