SURAH AL-ANFAL & AL-HUJURAT

adsense 336x280

SURAH AL-ANFAL & AL-HUJURAT


SURAH AL-ANFAL & AL-HUJURAT

Posted: 30 Dec 2020 09:48 AM PST


1. Surah Al-Anfal (8:72)



  Artinya:
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan pertolongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. (Akan tetapi) jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.(QS. 8:72)





  Isi Kandungan:
Berbagai bentuk serangan, konspirasi, dan kekejaman yang dilakukan oleh orang-orangmusyrik Mekah telah menyebabkan Nabi dan sejumlah besar kaum Muslimin hijrah meninggalkan rumah dan kampung halaman mereka di Mekah menuju ke Madinah. Kelompoktersebut dalam sejarah Islam disebut dengan kaum Muhajirin. Sebagian warga Madinah yang telah beriman kepada Nabi Saw dan menerima kedatangan kaum Muhajirin disebut kaum Anshar. Guna menguatkan hubungan persaudaraan di antara kedua kelompok ini, NabiMuhammad Saw menciptakan suatu perjanjian ikatan persaudaraan di antara meraka.Ayat ini menyinggung ikatan perjanjian tersebut, yang telah menciptakan ikatanpersahabatan yang kuat antara kaum Anshar dan Muhajirin. Ayat ini mengatakan, "Mereka yang tidak melakukan hijrah, dan lebih memilih tetap bertahan di Mekah untuk menjagarumah dan keluarga mereka, tidak termasuk dalam perjanjian ikatan persaudaraan ini. Namun, sebagian dari mereka tidak bisa ikut berhijrah karena ditekan dan dihalangi oleh kaumnya. Apabila orang-orang ini meminta pertolongan kepadamu, engkau harus memberipertolongan kepada mereka. Namun, jika orang-orang itu hidup di tengah-tengah kaum kafir yang telah menjalin perjanjian denganmu untuk tidak bermusuhan, engkau harus komitmenterhadap perjanjian itu."
Dari ayat tadi terdapat tiga pelajaran yang dapat dipetik:
1. Berhijrah dari lingkungan kufur, syirik, dan dosa untuk menjaga agama dan melaksanakantugas-tugas agama merupakan suatu perkara yang diharuskan.
2. Perjanjian dan perbatasan antara negara tidaklah menghalangi seorang muslim untukmelakukan tugas-tugas agamanya. Jika ada seorang muslim yang berada di negara lain dalamkondisi teraniaya dan meminta pertolongan kepada kita, kita sebagai saudara sesama muslimharus memberikan pertolongan kepadanya.
3. Berpegang teguh pada perjanjian yang telah dijalin, termasuk dengan kaum Kafirsekalipun, adalah sebuah keharusan, selama pihak lain juga komitmen terhadap janji mereka.

Untuk Lebih Lengkap
Silahkan Download Di Sini!!!
Cara Download :
1. Klik Link/ Tulisan Download
2. Anda akan menemukan halaman baru adf.ly/
3. Klik pojok kanan atas Skip.
4. Pilih tombol Allowpada pojok kiri atas
5. Kini anda bisa Download Gratis
adsense 336x280

0 Response to "SURAH AL-ANFAL & AL-HUJURAT"

Posting Komentar